Posted on

Nike Ardilla Telah Tiada

Hari ini, tepat 20 tahun yang lalu, seorang penyanyi yang juga pemain film dan sinetron, yang diidolakan oleh banyak orang pada masa itu (sampai saat ini juga masih menjadi idola oleh banyak orang, bahkan oleh yang saat itu belum lahir), bernama Nike Ardilla, meninggal dalam sebuah kecelakaan. Masih teringat saat itu, di TV tak henti-hentinya diberitakan kejadian ini. Di media cetak juga tak luput dari pemberitaan mengenai kejadian ini, artikel yang saya temukan dari Majalah Anita Cemerlang edisi 505 April 1995 ini salah satunya. Berikut kutipannya:

Pencinta musik Indonesia dan juga penggemar berat tayangan sinetron tentunya nggak mungkin lagi bisa melihat sosok asli Nike Ardilla. Vokalis berwajah melankolis yang juga dikenal sebagai bintang film, bintang sinetron dan bintang ikian ini telah pergi untuk selama-lamanya. Akibat mobil yang dikemudikannya – Honda Civic Genio D 27 AK – menabrak pagar di jalan Martadinata, Bandung, Minggu, 19 Maret, pukul 6 pagi lewat 15 menit.

Putri bungsu pasangan R. Edy Kusnadi dan Nining ini meninggal dunia dalam usia menjelang 20 tahun. Keke begitu panggilan akrabnya lahir di Bandung, 27 Desember 1975. Almarhumah sebenarnya baru saja merampungkan solo album terbarunya bertitel Sandiwara Cinta selain baru merampungkan dua sinetron yang dibintanginya, Trauma Marisa 2 (SCTV) dan Warisan 2 (RCTI).

Keke mengawali karier nyanyinya sejak duduk di bangku kelas 4 SD dengan sering ikutan kontes penyanyi di seputar Bandung. Pernah gabung cakamir dalam formasi Denny’s Angels, sebelum bersolo karier di tahun 89 lewat solo album perdananya Seberkas Sinar.

Sepanjang kariernya di nyanyi Keke termasuk vokalis yang rajin mengantongi BASF Award. Sedikitnya sudah tiga trophy BASF yang disabetnya dari albumnya Bintang Kehidupan (90), Nyalakan Api (91) dan Biarkan Aku Mengalah (93). Keke tercatat juga pernah meraih penghargaan Best Performer di kompetisi musik di Shanghai, Cina, tahun 91, dan Trophy HDX 1994/1995 Kategori Pop Rock.

Sedangkan debutnya di peta sinema layar lebar lewat film Kasmaran (87), Gadis Foto Model (88), Kabayan Saba Kota (89) dan Ricky, Nakalnya Anak Muda (89). Sementara di sinetron, Keke pernah membintangi sinetron Nona, Trauma Marisa dan Warisan. Dan sebagai bintang iklan wajahnya sering muncul di tayangan iklan yang menjual produk Pagoda Pastiles.

Almarhumah yang di kalangan artis dan wartawan dikenal sebagai sosok yang ramah dan bersahaja ini juga sempat membangun SLB Wawasan Nusantara yang lokasinya nggak jauh dari rumahnya di jalan Paraken Sahat I/31 Bandung.

Dan akhirnya pimpinan, staf dan seluruh karyawan ANITA Cemerlang menghaturkan duka yang sedalam-dalamnya. Semoga amal dan ibadah semasa hidupnya diterima Allah SWT. Dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s